Minggu, 26 Januari 2020

12.38.00 , , No comments
Data KK yang dimiliki oleh Desa berasal dari Buku Induk Penduduk (BIP) pada BIP yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sering tidak lengkap, seperti data alamat, dusun, RT RW, data golongan darah dan lainnya. Oleh karena itu dipelukan adanya pengeditan data Kartu Keluarga.

Setelah login di Aplikasi Administrasi Desa Carik.com, pilih menu |Data KK dan KTP |.





Selanjutnya lihat icon pada kiri atas yang berfungsi untuk menambah atau mengedit data KK.

Apabila belum memigrasikan data BIP ke system database input secara manual satu persatu dari Kartu Keluarga (KK) dapat dilakukan di menu ini. Apabila sudah dilakukan migrasi BIP ke system database yang diperlukan adalah pengeditan data. Penambahan data dapat dilakukan aapabila ada penambahan KK atau pemecahan KK yang secara resmi sudah dikeluarkan KK Baru dari Dinas Dukcapil setempat.






Untuk pengeditan nama, harus memilih KK yang akan di edit di daftar pada bagian bawah, lalu pilih icon edit   pada baris KK yang akan diedit. Apabila tidak dijumpai dalam Daftar maka ketik Nama KK dalam pencarian. Untuk pencarian tidak harus menggunakan nama lengkap. Selanjutnya lihat didalam daftar apakah muncul.

Sebagai contoh kita akan mencari KK yang bernama anton maka ketik di kolom pencarian selanjutnya ketik ikon |Cari | dan akan diperolah nama KK yang namanya terdapat kata anton

.
 Jika nama KK yang kita maksud sudah benar makan pilih menu edit   untuk mengedit data KK Tersebut. Sehingga akan tampak seperti dibawah ini.





Dalam pelaksanaan pengeditan ini sebaiknya disertai dengan copy KK sehingga data dapat terisi dengan baik.
Disamping itu juga diperlukan adanya data Nomor Rumah yang telah di tetapkan di Desa. Penomoran dapat dilakukan per RT dengan memperhatikan letak rumah di jalan. Sehingga memudahkan untuk melakukan pencarian atau identifikasi alamat rumah. Apabila beda RT nomor akan kembali ke 1 lagi. Untuk penomoran ini diserahkan kebijakan Pemerintah Desa setempat.

Dalam mengedit data KK ini yang diperlukan data antara lain adalah :

  1. Nomor Kartu KK yang di cap khusus pada pojok kanan atas KK.
  2. Nomor KK atau Nomor Kartu Keluarga
  3. Nama KK
  4. Alamat, yaitu nama jalan
  5. RT atau rukun Tetangga
  6. RW atau rukun warga
  7. Dusun atau kampung
  8. Kecamatan
  9. Kabupaten
  10. Kode pos
  11. Provinsi
  12. Tanggal KK dikeluarkan ada dibagian kiri bawah.

Setelah selesai lalukan update data dengan mengklik menu |update|.


Untuk melihat Data KK yang sudah di edit, ketik di menu Cari Kepala Keluarga dan Klik Cari . Selanjutnya akan tampak daftar seperti di atas. Lalu pilih icon lihat  . Maka akan ditampilkan KK atasnama KK yang dicari tersebut beserta anggota keluarganya.





Untuk mendapatkan panduan dalam bentuk pdf silahkan klik link dibawah ini.

DOWNLOAD

Apabila menemui kesulitan atau ada pertanyaan silahkan isikan pada kolom komentar di bwah ini. 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan masukkan komentar anda

Blog Archive

Blogger Bengkulu

Warung Blogger

Posts Terbaru

Popular Posts

Follow by Email

Silahkan diikuti