Yuk Kenali Sejarah ADC/LDC (Agriculture Development Center/Livestock Development Center) Kuro Tidur

Bagi para pelaku sejarah transmigrasi ketika mendengar kata ADC langsung dapat memahami sebuah lembaga penelitian bantuan Belanda yang ada di daerah Transmigrasi Kuro Tidur Unit 1 yang saat ini menjadi desa Marga Sakti Kecamatan Padang Jaya. Seiring dengan perkembangan pemerintahan telah berganti pemerintahan fungsi lembaga ADC masih sama, yaitu lembaga penelitian di bidang pertanian dan peternakan (LDC). Nah pergantian dan perubahan nama dapat kita sima dibawah ini. Tetapi masyarakat tetap menyebutnya dengan nama ADC.



Gapura ADC saat ini




1977 – 1985


Perjanjian kerjasama pemerintah Indonesia – Belanda dalam program IGGI (inter - governmental Group on Indonesia) dengan nama Agriculture Development Centre dan Livestock Development  Centre (ADC/LDC) dengan tujuan sebagai pusat penelitian dan pengembangan bidang pertanian dan peternakan sekaligus Breeding Centre



1985-1997


Fasilitas (ADC/LDC) diserahkan kepada pemerintah Indonesia Cq. Departemen Transmigrasi. ADC/LDC secara teknis dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Transmigrasi. Pelaksana harian ADC/LDC adalah Kanwil Transmigrasi Propinsi Bengkulu.



1997-2001


ADC/LDC menjadi kelembagaan terstruktur setingkat Unit Eselon III  bernama Balai Penelitian dan Pengembangan Kuro Tidur di bawah Kanwil Transmigrasi dan PPH Propinsi Bengkulu



2001-2006


Balai Litbang Kuro Tidur Menjadi Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Ketransmigrasian, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.



2006-2015


Balai Litbang Kuro Tidur berubah nomenklatur menjadi Balai Pengkajian dan Penerapan Teknik Produksi Ketransmigrasian (BP2TPK) dan di bawah Badan Penelitian, Pengembangan dan Informasi , Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi .



2015 – sekarang


BP2TPK  menjadi  Balai Pengkajian dan Penerapan Teknik Produksi (BPPTP) Bengkulu, dibawah Badan Penelitian dan pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi, di bawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  Republik Indonesia.









Sumber : http://balai-bengkulu.kemendesa.go.id

Posting Komentar

0 Komentar