Minggu, 26 Januari 2020

20.01.00 , , 2 comments
Data KK yang dimiliki oleh Desa berasal dari Buku Induk Penduduk (BIP) pada BIP yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sering tidak lengkap, seperti data alamat, dusun, RT RW, data golongan darah dan lainnya. Oleh karena itu dipelukan adanya pengeditan data Kartu Keluarga. Apabila data dari KK tidak diperoleh data dapat diambil dari coyp KTP.







Setelah login di Aplikasi Administrasi Desa Carik.com, pilih menu |Data KK dan KTP |.





Selanjutnya lihat icon   pada kiri atas yang berfungsi untuk menambah atau mengedit data KK. Selanjutnya pilih menu isi NIK  - KTP sehingga akan muncul tampilan berikut ini:

Selanjutnya akan tampil di layar Form NIK sebagaimana gambar dibawah ini.

Sumber data yang dipakai adalah copy Kartu Keluarga (KK). Sedangkan data yang diimput merupakan data keseluruhan anggota keluarga. Data yang tidak ada pada KK adalah data tempat tanggal dikeluarkannya KTP yang bersumber dari data KTP. Fungsi data ini juga untuk mengontrol bagi penduduk yang sudah memiliki KTP atau belum. Bagi penduduk dengan Nomor NIK yang belum ada data tempat atau tanggal dikeluarkan KTP berarti penduduk tersebut belum memiliki KTP.

Sama halnya dnegan dta KK, data NIK (anggota KK) jika sudah menginput dari data BIP data tersebut hampir lengkap. Sehingga data yang perlu diedit hanya pada dua data bagian bawah yaitu data tempat dan tanggal dikeluarkannya KTP. Akan tetapi ada beberapa BIP yang tidak menyajikan data secara lengkap terutama untuk KK lama belum mencantumkan golongan Darah. Data golongan darah akan sangat bermanfaat untuk informasi data kemanusiaan di desa. Apabila ada salah satu anggota KK yang membutuhkan darah maka dapat dicek data golongan darah keluarga atau tetangga dalam 1 dusun. Sehingga dapat diinformasikan untuk berpartisipasi donor darah.




Untuk proses pengeditan data NIK, kita harus mencari nama pemilik NIK pada kolom cari, Nama anggota keluarga akan muncul pada bagian bawah. Untuk mencocokan pastikan nomor NIK nama ayah dan nama ibu benar.

Selanjutnya pilih icon edit  ,  awas hati-hati jangan tertekan icon delete ; , karena data akan langsung terhapus.

Kita coba simulasikan contoh berikut ini. Kita cari nama penduduk dengan inisial anton pada kolom pencari dan di klik icon cari .


Selanjutnya kita pilih edit pada penduduk dengan nama Antonius Triyono, yaitu pada baris yang paling bawah (nomor 3).


Data yang belum tersedia adalah :
  1. Agama
  2. Golongan Darah
  3. Kewarganegaraan
  4. Tempat KTP dikeluarkan
  5. Tanggal KTP dikelurkan
Untuk pengeditan data tidak harus semua harus lengkap, tetapi dapat berangsur sesuai kesediaan  data dahulu. Apabila sudah disi sesuai dengan pilihan yang ada pada form, maka jangan lupa tekan menu | Updatae |.

Untuk melihat data yang sudah diinput dapat dilihat menu | Data KK dan KTP | sebagaimana berikut ini. Ketik di menu Cari Kepala Keluarga dan Klik Cari. Selanjutnya akan tampak daftar seperti di atas. Lalu pilih icon lihat . Maka akan ditampilkan KK atas nama KK yang dicari tersebut beserta anggota keluarganya.





Jika ada pertanyaan dipersilahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah ini.

Untuk yang ingin tutorial ini dalam format pdf silahkan unduh di tautan beikut ini.

DOWNLOAD

2 komentar:

  1. wah saya baru tau ada aplikasi ini :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya aplikasi ini untuk membantu pemerintah desa dalam pelayanan administrasi dan pengarsipan data

      Hapus

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan masukkan komentar anda

Blog Archive

Blogger Bengkulu

Warung Blogger

Posts Terbaru

Popular Posts

Follow by Email

Silahkan diikuti