RUMPUT GRINTING (Cynodon Dactylon), BERTAHAN DAN MENYEBAR DENGAN LUAR BIASA

Oleh : Anton Sutrisno

LatarBelakang

Rumput grinting (CynodonDactylon) adalah jenis rumput yang memiliki kemampuan agak berlebihan dalam hal bertahan hidup dibandingkan rumput jenis lain seperti rumput teki,rumput gajah, rumput manila, dan sebagainya. Bahkan rumput ini mampu bertahan hidup di lahan yang tandus dalam musim kemarau sekalipun pertumbuhan daunnya menjadi minim. Ketika terkena mata bajak dan garupun rumput ini akan tetap terus hidup selama akarnya bersinggungan dengan tanah. 


Cynodon dactylon, Rumput Grinting
Cynodon dactylon, Rumput Grinting


Cynodon dactylon memiliki daya ekspansi yang besar, pada awalnya adalah tumbuhan pantai, saat ini sudah merambah di areal pertanian sebagai gulma yang menjengkelkan petani. Rumput grinting merupakan gulma pada tanaman jagung, tebu kapas dan pada tanah perkebunan. Rumput yang sulit untuk di basmi dengan cara mekanik, seperti dibajak atau di cangkul maupun dengan cara kimia dengan menggunakan herbisida. Kemampuan dia bertahan dan dapat menyebar dengan cepat di pinggiran sugai, pinggiran irigasi dan pematang sawah sehingga dapat mengalahkan tumbuhan lain, membuat menarik untuk dibicarakan.



Rumput Grinting sebagai simbol sosial


Pada masa lampau suket grinting ini digunakan sebagai simbol bagi suku Kalang yang hidup di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Suku Kalang digambarkan sebagai suku yang gigih bekerja, ulet, pandai berhemat dan pintar mengelola keuangan, serta memiliki keahlian di bidang kerajinan, pertukangan,dan perdagangan. Oleh karena keuletan, kegigihan, keterampilan, serta kuatnya mereka dalam penderitaan mengakibatkan mereka digambarkan tetap bertahan di tengah keadaan yang bagaimanapun.

Intinya, mereka merupakan suku yang tahan menderita dan memiliki banyak akal serta keterampilan. Orang yang tahan menderita dan menjalani hidup dalam keadaan serba sulit diibaratkan seperti rumput grinting yang tetap hidup sekalipun digaru dan dibajak.

DeskripsiRumput Grinting (CynodonDactylon)


Rumput grinting (CynodonDactylon) merupakan tumbuhan yang diduga berasal dari bagian utara dan timur Afrika, Asia, Australia dan Eropa bagian selatan. Di Indonesia dikenal dengan rumput grinting, rumput bermuda, suket grintingan(jawa), kakawatan (sunda). Di India dikenal sebagai dhub, doob, atau harialil, sebutan untuk setiap daerah antara lain durba (Bengali),garikoihallu (Kanarese), durva (Marathi), durva atau haritali(Sanskrit), arugampullu (Tamil), garikagoddi (Telugu) dan dhubkhabbal (Punjabi). Dalam bahasa Inggris dikenal Bermuda Grass, Dubo, Dog'sTooth Grass, Bahama Grass, Devil's Grass, Couch Grass, Indian Doab,Arugampul, Grama, dan Scutch Grass. Istilah Bermuda timbul bukan karena rumput asli Bermuda, akan tetapi daya sebarnya yang tinggi sehingga orang-orang di Amerika menyebutnya dengan Bermuda Grass (Wikipedia.org).

Taksonomi RumputGrinting adalah sebagai berikut:

Kingdom       : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom  : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi  : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi            : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas             : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas     : Commelinidae
Ordo             : Poales
Famili          : Poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus           : Cynodon
Spesies         : Cynodon dactylon (L.) Pers.


Cynodon dactylon dapat dideskripsikan: memiliki terna bertahunan yang berstolon,merumput dengan rimpang bawah tanah menembus tanah sampai kedalaman 1m atau lebih bahkan ada literature yang menjelaskan sampai pada kedalaman 2 m. Lamina melancip-memita, berlapis lilin putih keabu-abuan tipis di permukaan bawah, gundul atau berambut pada permukaan atas. Pelepah daun panjang, halus, berambut atau gundul;ligula tampak jelas berupa cincin rambut-rambut putih. Bunga tegak,seperti tandan. Bijinya membulat telur, kuning sampai kemerahan (www.proseanat.org).

Habitatnya Cynodon dactylon adalah tumbuh paling bagus pada suhu di atas 24 °C. Jenis initoleran terhadap kekeringan. Tumbuh paling baik pada tanah berdrainase baik tetapi toleran terhadap banjir yang berkepanjangan.Toleran terhadap kisaran pH tanah yang luas, tetapi pH optimal adalahdi atas 5.5. Juga toleran terhadap kesuburan tanah yang rendah tetapi tidak toleran terhadap naungan.

Penyebarannya selain dari akar yang dapat membuat rimpang dengan cepat juga melalui buah.Penyebaran buah ini yang dapat meluas.




Manfaat rumput grinting


Kemampuannya tumbuh dan menyebar dengan cepat dan juga dapat bertahan dalam situasi ekstrim, rumput grinting sangat bermanfaat untuk perlindungan erosi,pada lahan miring yang berpotensi erosi. Di Indonesia rumput ini dibudidayakan dan dipersilangkan dengan family yang lain dipergunakan untuk lapangan golf dan penanaman rumput taman.

Di India,berdasarkan informasi dari situs www.hort.purdue.edurumput grinting merupakan masalah bagi petani, akan tetapi memberikan manfaat sebagai bahan obat herbal. Rumput Grinting yang dikenal dengan nama daerah doobghas adalah herbal berharga obat dan digunakan sebagai pertolongan pertama untuk luka ringan. Petani tradisional menggunakan daun yang dilumatkan kemudian ditutupkan pada luka kecil sebagai styptik untuk menghentikan pendarahan mirip dengan Tridax procumbens, Achyranthesaspera, dan Blumea iacera.

Cynodon di telah menjadi terkenal sistem Kedokteran India menyatakan banyak bagiantanaman ini yang dianggap memiliki sifat obat. Penggunaan tradisional Cynodon adalah untuk mata gangguan dan lemah penglihatan;yang menderita disarankan untuk berjalan kaki telanjang di atas tanaman Cynodon yang bereembun setiap pagi.

Cynodon dactylonadalah tanaman berasa pedas, pahit, wangi, panas, mempunyai sifat antipiretik, alexiteric. Hal itu dapat menghancurkan foulness napas,berguna dalam leucoderma, bronkitis, tumpukan, asma, tumor, dan pembesaran limpa.

Cynodon dactylon diteliti di Universitas Allahabad di India, dan dilaporkan memiliki sifat antimikrobial dan antivirus, dan telah disarankan untuk pengobatan infeksi saluran kemih, prostatitis, sifilis, dan disentri.Tambahan penelitian dilakukan pada C. dactylon melibatkan yang Glycemic potensial, yang terlibat dalam perawatan diabetes. Di laboratorium tikus yang diperlakukan dengan hidrazina ekstrak daridefatted C. dactylon, hypoglycemic dan hasil anti-Diabetic diamati pada kadar glucose darah dari diuji penduduk. Tes populasi menunjukkan hampir 50% penurunan kadar glukosa darah Ketika dosisyang tepat ini dikelola. Ini menunjukkan potensi Cynodon dactylon untuk menjadi alternatif untuk saat ini obat diabetes.


Dampak terhadap Lingkungan



Kehadirannya di satu sisi memberikan manfaat, pertumbuhan yang cepat, kemampuannya bertahan hidup, bahkan sulit untuk dimatikan meskipun telah dibajak ataupun digaru. Jika dia tumbuh pada lahan kritis dan berpotensi erosi akan memberikan manfaat yang besar. Akan tetapi jika tumbuh pada lahan pertanian maka akan menjadi gulma yang cukup merepotkan dalam pengendaliannya. Bijinya yang kecil dan mudah menyebar, jika jatuh pada kawasan pariwisata, atau pada taman pekarangan maka dalam waktu dekat akan menggantikan rerumputan yang ada di sana. Keindahan taman lambat laun akan berubah.

Rumput Cynodon dactylon, tumbuh di pinggir saluran irigasi. Akarnya yang berkembang pesat dan menangkap lumpur yang ada disaluran. Sering ditemui saluran irigasi menyempit karena ditumbuhi rumput ini. Mungkin banyak dampak lain yang ditemui di berbagai tempat, dampak tersebut yang paling dirasakan sangat merugikan.


Referensi:

Factsheet - Cynodondactylon, http;//indonesia.tropicalforages.info/key/Forages/M...,diunduh 31/05/11 08:00
Plantamor,Grintingan (Cynodondactylon).http;//www.plantamor.com/index.php?plant=438diunduh 01/06/11 09:23
Prohati -Keanekaragaman Hayati Tumbuhan Indonesia,http;//www.proseanet.org/prohati2/browser.php?do... diunduh 31/05/11 08:26
Wikipedia, the freeencyclopedia. http;//en.wikipedia.org/wiki/Cynodon_dactylondiunduh 31/05/11 07:45
Wong Grinting.Filosofi Grinting,http;//wonkgrinting.blogspot.com/2009/06/filosofi-gr...diunduh 31/05/11 08:35

Copas webku: antonsutrisno.webs.com (sudah ditutup)

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Membuat ramuan diabetes,tidak hanya menurunkan gula darah saja, banyak penderita diabetes,yg luka diamputasi, gagal ginjal kronis,stroke, karena, darah mengental, darah keracunan, urium kreatinin,
    Badan sehat bugar karena, sel2 yg mati lebih banyak yg hidup, hingga diabetes bisa sehat.dengan tanaman 34 tanaman daun akar umbi biji, pesan sekarang WA.0896-7677-2251 pak Soleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap sekali gan, informasi yang sangat bermanfaat. Semoga dapat digunakan bagi yang membutuhkan.

      Hapus

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan masukkan komentar anda