Adakah Manfaat Reuni?

Beberapa waktu yang lalu ada beberapa kegiatan reuni yang saya ikuti. Reuni Sekolah Menengah Atas memasuki usia perak. yaitu ke 25 tahun. Jika pada waktu-waktu sebelumnya kurang tertarik untuk acara ini pada kesempatan ini saya merasa tertarik, karena 25 tahun waktu yang cukup lama tidak bertemu dengan teman2 teman apalagi teman semasa SMA. Akhirnya hadir pada kegiatan reuni SMA Negeri 2 Bengkulu Angkatan 1992. Dokumentasi kegiatan bersama teman-teman dapat dilihat pada video berikut ini. 



Video Kegiatan Reuni SMA Negeri 2 Bengkulu Angkatan 1992

Sekitar seminggu kemudian juga diadakan Reuni untuk mahasiswa Alumni Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Bengkulu. Meskipun terasa belum terlalu lama ternyata telah lebih dari 15 tahun. Khususnya untuk angkatan saya yaitu yang masuk tahun 1992, merupakan angkatan pertama mahasiswa Jurusan Sosek  Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Pertemuan ini merupakan momen untuk bersilarurrahmi, karena untuk dapat bertemu dengan teman-teman apalagi yang diluar kota sangat sulit sekali.

Sesudah kegiatan tersebut sempat terfikir, apa sih manfaat dari kegiatan reuni ini. Apakah sekerdar melepas kerinduan lama tidak bertemu, atau ada manfaat lain. Bagi saya sangat terasa adalah dapat diperoleh kembali kontak teman-teman lama yang semakin komunikatif di group whatsapp. Tetapi apa manfaat alin dari itu semua.

Rupanya saya menemupak pembahasan yang cukup ilmiah terkait ini yang diperoleh dari share group whatsapp. Saya rasa cukup benar seperti disajikan dibawah ini.


Manfaat Reuni.

Menurut Prof Ganesha, ahli jantung RS Harapan Kita memiliki pendapat seperti di bawah ini, yuk kita simak ,

Reuni, apapun istilahnya adalah suatu upaya mempertemukan kembali yg dulu pernah bersama, upaya mencari eksistensi diri yg mulai pupus dari memori krn dimakan usia.

Bahkan Richard Paul Evans dlm bukunya "Lost December“ menulis "The sweetness of reunion is the joy of heaven.”

"Reuni", kata DR. Priguna Sidharta "Selain untuk memutar longterm memori di hipocampus, juga untuk memperbaiki fungsi nucleus accumbens, bagian otak yang mengurus kesenangan"

Memutar kembali memori adalah satu upaya mencegah alzheimer yg memang suatu saat kelak akan menghampiri kita semua cepat atau lambat.

Psikolog UI, Bagus Takwin, mengungkapkan pandangannya soal manfaat reuni :
Kenangan reuni merupakan semacam sarana utk melihat kembali diri kita bbrp thn ke belakang. Dengan melihat masa lalu, seseorang akan mengerti bahwa kehidupan yg dia jalani selama ini merupakan suatu hal yang sangat penting. “Setiap orang melalui kenangannya pasti akan membuat monumen2 dirinya agar dpt selalu mengingat bahwa dia berkembang,”

Melalui sebuah reuni, seseorang jg bisa mendapatkan self esteem. "Saat reuni pasti bertemu dengan teman-teman lama yg tentunya tahu sifat kita yg dulu" Kita juga dpt mengetahui jalan hidup teman2 lama.

Reuni adalah salah satu jalan menyambung dan memelihara tali persaudaraan/persahabatan/silaturrahim yang sangat dianjurkan.

Nah bagi yang belum tertarik ikut reuni tuh ternyata manfaatnya banyak sekali kan...


SEMOGA KITA SELALU SEHAT


Tips Etika Reuni Sukses:


 1. Kita hadir dalam reuni sebagai teman yang sederajat, seperti waktu kita masih bersama-sama doeloe.
Peserta reuni harus memiliki jiwa besar, toleran dan mau menahan diri. Bersedia menanggalkan semua atribut dalam dirinya seperti: jabatan, status sosial, kekayaan dll.

2. Legowo, bersedia dipanggil dan memanggil nama teman seperti waktu masih bersama-sama (sekolah/kuliah), tidak memakai embel-embel pak, bu, komandan, boss, mas, aden, juragan, dst.
 
3. Jangan membuat teman lain bad mood, minder, maka sebaiknya Anda tidak ceritakan pekerjaan, keberhasilan bisnis, jabatan, status sosial, kekayaan yang dimiliki, kehebatan anak, istri anda, juga jangan bercerita kegagalan anda dll. pada forum umum (didengarkan banyak orang). Jika ingin berbagi cerita tentang hal ini bicarakan secara langsung/khusus pada siapa anda ingin berbagi cerita.

4. Jangan bergunjing.
Berceritalah yang wajar tentang kenangan masa saat bersama-sama doeloe, seperti cerita-cerita yang saat itu tidak terceritakan.

5. Jangan cemburu, jika cowok/cewek yang doeloe anda incar tampak lebih dekat dan akrab dengan teman yang lainnya, atau jangan cemburu lagi jika terungkap kisah cinta cowok/cewek incaran anda, justru pada teman anda sendiri. Jadikan itu lelucon masa laloe saja jangan baper (bawa perasaan). Semua sdh berlalu, apalagi sekarang kita sdh memiliki keluarga masing-masing.



Indikasi Reuni Sukses:


1. Akan terjalin persahabatan lebih akrab & langgeng.
2. Tidak kapok datang lagi dalam reuni berikutnya.
3. Merasa bangga memiliki teman lama yg masih ramah bersahabat dan merasa dihargai sebagai teman/sahabat.
4. Menumbuhkan kepedulian karena merasa satu alumni.

Semoga bermanfaat.


Video Kegiatan Reuni



Posting Komentar

2 Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan masukkan komentar anda