Jumat, 19 Oktober 2018

Seandainya sampah tidak didaur ulang apa jadinya? Lingkungan kita akan penuh dengan sampah. Tempat penampungan sampah tidak akan bertahan lama dan akan segerah penuh. Mungkin diantara kita ada yang masih ingat tragedi meletusnya tumpukan sampah di TPA Leuwi Gajah yang memakan korban dengan tertimbunnya masyarakat desa yang ada di sekitarnya seperti bencana gunung berapi. Kita semua tentunya tidak menginginkan bencana itu terulang kembali.


sampah anorganik daur ulang
Tempat Sampah Organik dan Anorganik


Siapa sih penghasil sampah? ya kita ini sebagai manusia menghasilkan sampah dari aktivitas hidupnya. Baik sampah yang merupakan sekresi tubuh atau sampah dari kegiatan sehari-hari. Sampah ini secara umum terbagi dua macam yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang mudah terurai, biasanya berasal dari bahan organik seperti tumbuhan dan hewan. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang sulit terurai seperti plastik, kaca, besi dan lain sebagainya.

Sampah agar tidak menjadi sampah diperlukan sebuah proses daur ulang. Kita mungkin kenal istilah 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), Reduce yaitu mengurangi jumlah sampah. Jika berbelanja usahakan membawa tas dari rumah, sehingga tidak membeli kresek atau kantong asoy sehingga sampah plastik dikurangi. Gunakanlah sapu tangan sehingga sampah tissu akan berkurang. Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah seperti kaleng cat digunakan untuk pot bunga, memaanfaatkan bungkus dengan plastik bekas, pembuatan kerajinan dari barang bekas dan lain sebagainya. Nilai ekonomi sampah masih ada dan bermanfaat. Recycle atau mendaur ulang adalah merubah bentuk menjadi bentuk lain sehingga masih bermanfaat. Untuk sampah organik menjadi kompos sedangkan sampah anorganik menjadi barang-barang lain sesuai jenisnya.




Jenis sampah anorganik apa saja yang dapat di daur ulang? Berikut ini kita bahas jenis plastik apa saja yang dapat didaur ulang, yaitu:

1. Plastik


Plastik yang dikumpulkan oleh pelaku usaha daur ulang berupa alat rumah tangga berbahan plastik seperti ember, gayung, tempat makanan dan lain sebagainya yang sudah rusak. Sampah ini dilelehkan menjadi bijih plastik sebagai bahan dasar produk baru.


ember daur ulang plastik
Ember dari daur ulang plastik


Di  bagian bawah kemasan sering ada kode atau gambar daur ulang (recycle) disertai dengan nomor kode di tengahnya. Berikut ini adalah arti dari kode nomor tersebut:

Lambang segitiga pada plastik
Lambang segitiga pada plastik

1. PET atau PolyEthylene Terephthalate adalah Jenis Plastik yang hanya bisa sekali pakai, seperti biasa Botol air Mineral dan hampir semua Botol minuman lainnya. Jika pemakaiannya dilakukan secara berulang, terutama menampung air panas, lapisan polimer botol meleleh mengeluarkan zat karsinogenik dan dapat menyebabkan Kanker.

2. HDPE atau High Density PolyEthylene merupakan Jenis Plastik yang Aman jika dibandingkan dengan Jenis Plastik PET karena memiliki sifat tahan terhadap suhu tinggi. Sering dipakai untuk Botol susu yang berwarna putih susu, Tupperware, Botol Galon air minum, dan lain-lain. Meski demikian, jenis plastik disarankan untuk tidak dipakai berulang.

3. PVC atau PolyVinyl Chloride merupakan Jenis Plastik yang sulit didaur ulang, seperti botol-botol Plastik dan Plastik Pembungkus. Jangan gunakan Plastik jenis ini untuk membungkus makanan karena jenis plastik ini memiliki kandungan PVC atau DEHA yang berbahaya untuk Ginjal dan Hati.

4. LDPE atau Low Density PolyEthylene merupakan Jenis Plastik yang bisa didaur Ulang, baik dipakai untuk tempat minuman maupun makanan.

5. PP atau PolyPropylene juga baik digunakan untuk tempat minuman maupun makanan. Jenis Plastik semacam ini lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah dan biasanya digunakan untuk botol minum bayi.

6. PS atau PolyStyrene merupakan Jenis Plastik yang digunakan untuk tempat minum atau makanan sekali pakai. Mengandung bahan bahan Styrine yang berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi dan sistem saraf.

7. OTHER seperti polikarbonat, jernih dan tahan panas, sering digunakan untuk galon air minerl, jerigen. Jenis Melamin Formaldahid (MF) tidak dapat didaur ulang, sifatnya keras, mudah diwarnai, tahan panas. Biasanya untuk alat rumah tangga seperti piring, gelas sendok.


Dengan memahami jenis ini kita dapat mengetahui mana plastik yang dapat reuse atau digunakan kembali atau tidak sehingga harus melalui proses recycle.


2. Logam


Logam yang dapat didaur ulang bisa berupa kaleng, potongan besi, aluminium, kuningan, tembaga, seng dan lain-lainnya. Sampah logam ini dilelehkan menjadi bahan dasar produk baru.

3. Kertas


Kertas dapat didaur ulang menjadi bermacam-macam. Menjadi kardus, atau bungkus kemasan.  Kertas yang dapat didaur ulang adalah yang masih bagus belum rusak karena basah. Sampah kertas dihacurkan manjadi bubur kertas dan diolah menjadi produk baru, seperti kertas koran, dupleks, box atau kardus, tetrapack.

4. Kaca


Sampah kaca yang dapat dikumpulkan untuk didaur ulang dapat berupa botol kaca, gelas kaca atau potongan-potongan kaca. Kaca ini dilebur menjadi produk baru.


Pengumpul Sampah Anorganik Daur Ulang
Pengumpul Sampah Anorganik Untuk Daur Ulang


Proses 3R tersebut di atas dapat berjalan baik apabila pemilahan sampah dilakukan di sumbernya. Rumah tangga merupakan salah satu sumber sampah. Sehingga pemilahan sesuai jenis tersebut dapat dilakukan sehingga kualitas sampah tidak rusak maka dapat didaur ulang dengan baik.
 
Jika kita punya sampah dari beberapa jenis tersebut di atas, biasanya sudah ada yang siap menampung. Pemulung yang mencari. Sampah ini bernilai ekonomi. Oleh karena itu jangan dibuang, sebaiknya dikumpulkan sesuai jenisnya. Kalau tidak dijual dapat dihibahkan kepada pemulung sehingga menjadi pendapatan bagi mereka. Kita dapat beramal melalui sampah.

10 komentar:

  1. Wah.. Aku baru tau kalau trnyata ada kodenya jga di sampah plastik ya. Mksh kk

    BalasHapus
  2. kayaknya kami harus beli tong sampah lagi nih, di rumah masih nyampur semua ^^

    BalasHapus
  3. kalo mantan termasuk sampah jenis apa ya pak?hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung perlakuannya bisa reuse pakai kembali atau recycle daur ulang jadi barang baru deh tu mantan

      Hapus
  4. Kadang masih cuek tentang sampah, masih males milah-milah sampah, ribet soalnya heheh... Haduuuhh :(

    BalasHapus
  5. Informatip dan bermanfaat banget

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan masukkan komentar anda

Blog Archive

Blogger Bengkulu

Warung Blogger

Posts Terbaru

Popular Posts

Follow by Email