Kamis, 18 Januari 2018

15.31.00 No comments
Chatting adalah berbicara menggunakan tulisan. Saat ini sudah sangat populer digunakan oleh umat manusia di seluruh dunia. Aplikasi yang digunakan juga sangat beragam, dari aplikasi yang berbasis internet seperti messenger facebook, yahoo, telegram dan lain-lain, atau aplikasi yang berbasis smartphone seperti Whatsapp, BBM, Line dan lain sebagainya.

Teknologi yang digunakan adalah IRC (Internet Relay chat) atau perakapan yang dilakukan menggunakan jaringan internet. Komunikasi yang dilakukan dapat real time atau seketika. Saat ini chatting tidak hanya menulis pesan tertulis saja, akan tetapi sudah bekembang dalam bentuk gambar dan media video yang terkenal dengan video call. Sehingga yang berkomunikasi dapat saling melihat atau bertatap muka.


Chating di media internet ini, telah menjadi sarana komunikasi sehari-hari. Oleh karena itu ada etika yang harus dijaga. Beberapa etika chatting yang perlu diperhatikan adalah:
  1. Gunakan bahasa yang sopan. Kata-kata kasar dan kurang sopan dapat menyebabkan pertentangan dengan teman lawan chatting.
  2. Jangan menggunakan huruf besar. Penggunaan huruf besar akan diartikan oleh orang lain bahwa anda sedang berteriak atau marah.
  3. Jangan melakukan spam atau mengirimkan informasi/iklan yang tidak penting secara beruntun kepada orang lain. Orang lain akan merasa terganggu.
  4. Jangan menggunakan warna yang mencolok.
  5. Jika orang lain mengajak kamu berbicara tentang topik yang tidak kamu suka (seks, politik dan lain sebagainya), agar ditolak secara halus
  6. Hindari pertengkaran atau perdebatan yang sengit apalagi chatting di dalam group. Perdebatan akan dibaca oleh serluruh anggota group. Chatting bertujuan untuk mencari teman dan menyenangkan diri bukan mencari lawan atau membuat stress.
  7. Jika anda menerima kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknya tidak usah dilayani dengan kata-kata yang sama. Hentikan chatting dengan orang tersebut.
Demikian beberapa tips etikan chatting. semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan masukkan komentar anda

Blog Archive

Blogger Bengkulu

Warung Blogger

Posts Terbaru

Popular Posts

Follow by Email

Silahkan diikuti