Sabtu, 04 Mei 2019

09.57.00 No comments
Bagi anda para developer yang berkutat dengan coding, pasti Code Editor yang baik dan efektif akan dicari untuk mendukung kegiatan anda. Ketika mulai ngoding  fitur dan dukungan plug in dari aplikasi code editor sangat membantu. Terkadang dengan code editor yang ada belum puas masih mencari mana yang lebih optimal dan enak digunakan mendukung kerja.

Ada beberapa code editor yang pernah saya coba seperti Notepad ++, Blue Fish, dan VS code. Perkembangan dari beberapa dari para pembuat aplikasi code editor membuat semakin memudahkan para developer. Akhirnya coba cari tahu mana aplikasi code editor yang terbaik dan disarankan untuk para developer.

Menurut sofware.com, yang melakukan review terhadap code editor merekomendasikan ada 5 code editor yang terbaik ditahun 2019 ini yaitu:


Microsoft Visual Studio Code pada peringkat tertinggi

Peringkat Code Editor yang populer di lingkungan developer
Peringkat Code Editor yang populer di lingkungan developer

Sejak peluncuran Microsoft Visual Studio Code, persaingan  kode editor benar-benar memanas. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, banyak di antaranya gratis dan open source, ini adalah ruang produk yang sangat kompetitif. Namun, selama tiga tahun terakhir, Visual Studio Code telah dengan cepat mengembangkan basis penggunanya, membangun ekosistem pengembang yang kuat, dan meningkatkan status editor kode.


Berikut kita coba uraikan berdasarkan revier dari softwer.com tersebut. Hasil ini menjadi layak dipertimbangkan untuk anda mencobanya beralih ke kode editor baru, atau semakin mantap anda menggunakannya jika sudah  kode editornya sudah anda gunakan sekarnag.

1. Visual Studio Code

VS Code Editor

Visual Studio Code adalah editor open source, lintas-platform dan gratis yang dikembangkan oleh Microsoft, awalnya diumumkan pada pertengahan 2015. VS Code dengan cepat mendapatkan popularitas yang signifikan dalam komunitas pengembangan dan sekarang lingkungan developer yang paling populer, digunakan oleh 34,9% dari hampir 102.000 responden dalam survei Stack Overflow 2018.

Pengaturan VS Code yang out-of-the-box secara alami mengintegrasikan fitur-fitur yang biasanya Anda temukan di beberapa lingkungan pengembangan terintegrasi yang lebih lengkap. VS Code mencakup terminal terintegrasi, debugger, dan kontrol sumber, yang mendukung Git secara default. Bahkan alat penyelesaian smart code yang sangat kuat bawaan VS Code, IntelliSense.


Bilah aktivitas menyediakan akses cepat ke fitur-fitur ini, di samping alat pencarian dan jalan pintas ke pasar ekstensi. Akibatnya, mencari di seluruh basis kode dan menemukan ekstensi baru lebih mudah dan lebih intuitif daripada mencari di Atom atau Sublime.

VS Code menawarkan sekitar 8.000 ekstensi, karena komunitas kontributornya yang tumbuh cepat untuk ekosistemnya. VS Code memudahkan untuk menemukan, meneliti, dan menginstal ekstensi langsung dari pasar editor. Komunitas pengembang yang didedikasikan untuk membangun ekstensi dan memperluas Kode VS sangat kuat; VS Code memiliki kontributor terbanyak dari proyek apa pun di Github pada 2017. Anda dapat mengharapkan banyak fitur dan peningkatan baru di tahun depan, yang semuanya didokumentasikan dalam public road map.

VS Code membuat beberapa tradeoff antara kinerja dan fitur lainnya. Menjadi aplikasi berbasis Elektron, VS Code dapat terasa lebih lambat jika dibandingkan dengan editor asli seperti Sublime Text dan Vim, yang membuka, memuat, dan mencari file dan proyek dengan lebih cepat.

Jika Anda berpikir untuk beralih ke Kode VS, dengan cepat menemukan ikatan kunci dan ekstensi favorit Anda membuat transisi yang lancar dan kurva belajar yang lebih mudah dikelola. 



DOWNLOAD VS CODE



2. Sublime Text

Sublime Text Editor

Sublime hanya menawarkan sekitar 4.500 paket dan tidak memiliki alat kontrol paket yang dimuat sebelumnya.

Atom dan Kode VS, keduanya open source, lebih mudah dikembangkan dan telah membangun ekosistem pengembang besar, dan diperbarui secara berkala. Sementara Visual Studio Code dan Atom memiliki ribuan kontributor dan tim pengelola besar, Sublime Text bergantung pada tim yang jauh lebih kecil.

Terkait dengan kinerja, Sublime Text dibanding VS Code, Atom, dan editor lainnya. Sublime Text terkenal karena ringan, cepat, dan responsif. Jika kinerja adalah prioritas utama Anda, Sublime Text memuat, mengelola, dan menavigasi proyek besar dengan sangat baik.


DOWNLOAD SUBLIME TEXT

3.  Atom


Atom Code Editor

Sublime hanya menawarkan sekitar 4.500 paket dan tidak memiliki alat kontrol paket yang dimuat sebelumnya. Atom adalah editor kode gratis, lintas platform dan open source yang dikembangkan oleh Github dan awalnya dirilis pada tahun 2015. Atom telah menarik banyak pengikut, yang digunakan oleh 18% responden dalam survei pengembang 2018 Stack Overflow, naik dari 12,5% di 2016

Atom, seperti Sublime, menawarkan pengalaman mengedit kode yang lebih akrab tanpa terminal terintegrasi dan debugger. Atom, terintegrasi erat dengan Git dan Github dan menyediakan kontrol sumber tanpa batas.

Atom menawarkan sekitar 8.000 paket, karena komunitas pengembangnya yang besar dan kemudahan paket yang dapat dibangun dan digunakan. Hackability dan usability adalah inti dari misi dan filosofi desain Atom.


DOWNLOAD ATOM


4. Vim


Vim Code Editor

Vim adalah editor kode open source, lintas platform, gratis, dirilis pertama kali pada tahun 1991. Meskipun berumur cukup tua, Vim digunakan oleh 25,8% responden dalam survei pengembang Stack Overflow 2018 dan 26,1% pada 2016.

Digunakan hampir seluruhnya melalui baris perintah, Vim sangat berbeda. ketergantungannya pada keyboard dan cara pintas, yang dapat menjadi alat yang ampuh bagi para ahli, membutuhkan kurva waktu belajar terpanjang.

Sama seperti Sublime Text, Vim dikenal dengan kinerja terbaiknya. Telah ada sejak awal 90-an, Vim telah mendapat perhatian dari komunitas pembangunan yang dibutuhkan untuk menjadi alat pembuatan aplikasi yang dapat diandalkan.

Vim sangat extensible dan menawarkan 17.000 plugin, tetapi dijumpai bebeapa kendala dalam menginstal, dan mengelola ekstensi menjadi lebihsulit. Pengguna bertanggung jawab untuk memilih manajer plugin atau secara manual mengatur setiap plugin, perbedaan nyata dari Visual Studio Code dan Atom.

Vim telah membangun komunitas yang luar biasa bersemangat dan ekosistem pengembang, tetapi kurva pembelajaran sering dianggap curam dan mentah. Jika Anda siap menghadapi tantangan, belajar Vim akan membutuhkan waktu dan kesabaran yang nyata.

DOWNLOAD VIM

5. Notepad ++

Notepad ++ Editor Code

Notepad ++ adalah editor open source gratis yang dibuat untuk Windows dan dirilis pertama kali pada tahun 2003. Notepad ++ menyaingi Visual Studio Code dalam popularitasnya, digunakan oleh 34,2% responden dalam survei pengembang Stack Overflow 2018, tidak jauh dari 35,6% pada 2016.

Notepad ++ menghapus banyak fitur VS Code yang lebih kompleks. Jauh lebih sederhana, tanpa terlalu banyak lonceng dan peluit, tetapi kurang memiliki keanggunan Atom atau Teks Sublim. Notepad ++ hanya mendukung hampir 600 plugin, jauh di tertinggal ribuan ekstensi yang ditawarkan oleh hampir semua editor kode populer lainnya.

Tampilan aplikasi yang simpel dan sederhana  Notepad ++ ringan dan cepat. Anda akan melihat keterbatasan fitur jauh sebelum masalah kinerja. Bagi pengguna baru, Notepad ++ adalah alat yang mudah dipelajari untuk kebutuhan pengeditan teks yang paling dasar, jika Anda ingin mengabaikan tampilan dan kesan kuno.

DOWNLOAD NOTEPAD ++



Nah sekarang tinggal anda memilih. mau yang ringan dan sederhana atau yang lebih komplek, juga disesuaikan dengan spesifikasi komputer anda. Kalau terlalu berat atau jalanya banyak time lag akhirnya membuat kinerja kita terganggu. Selamat memilih.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan masukkan komentar anda

Blog Archive

Blogger Bengkulu

Warung Blogger

Posts Terbaru

Popular Posts

Follow by Email