Sabtu, 24 November 2018

21.30.00 No comments
Kebutuhan pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel sudah sangat mendesak dirasakan.  Jumlah transaksi yang semakin tinggi nasabah yang semakin banyak diiringi dengan kepercayaan masyarakat semakin besar perlu diimbangi dengan sebuah langkah baik, yaitu dengan pengelolaan keuangan yang berbasiskan teknologi informasi. Teknologi informasi sudah keniscayaan yang harus diikuti di jaman milenial ini.


Pelatihan Aplikasi Akuntasi UPK DAPM
Suasana Pelatihan Aplikasi Akuntasi UPK DAPM


UPK DAPM Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu yang tumbuh dan berkembang di era milenial ini juga tidak ketinggalan untuk meningkatkan kemampuan dirinya dengan disertai aplikasi Akuntansi UPK DAPM sebagai sistem akuntansi keuangan yang mendukung kinerjanya.

Penggunaan Aplikasi Akuntasi UPK DAPM ini didukung dengan kegiatan pelatihan kepada pengurus dan juga BKAD. Pelatihan berupa praktek langsung dengan menginput transaksi pencairan pinjaman, angsuran pinjaman  Keuntungan dengan penggunaan aplikasi adalah penginputan cukup satu kali saja pada saat transaksi, selanjutnya untuk perekapan LPP, Kolektibilitas hingga pelaporan Neraca tidak perlu dilakukan, tinggal klik aja menunya. Pekerjaan sekretaris dan bendahara menjadi sangat ringan sekali.

Dukungan yang terpenting dari Developer Aplikasi UPK DAPM adalah migrasi data dari data yang selama ini excel ke data base Microsoft Acces. Data jumlahnya sangat besar bisa dengan cepat dipindahkan ke aplikasi. Disamping itu kemudahan dari aplikasi ini dapat diakses secara jaringan lokal, sehingga pengurus dan BKAD dapat pengakses pelaporan secara riel time, terutama laporan LPP yang berhubungan dengan kolektibilitas sebagai bahan pembinaan nasabah.

Manfaat bagi nasabah atau peminjam kelompok SPP adalah ketika membayar langsung tercetak kwitansi. Pada kuitansi tertera jumlah angsuran, angsuran ke berapa saat ini hingga sisa pinjaman. Peminjaam dapat memperkirakan berapa angsuran lagi pinjamannya lunas. Dengan kuitansi ini mengurangi kesalahan pencatatan. Disamping itu pada aplikasi dapat di cek kartu kredit dari masing-masing peminjam.






UPK DAPM Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma per Oktober 2018 memiliki aset sebesar 3,2Milyar. Aktiva produktif sebesar Rp.2,7 Milyar. Kinerja pegembalian kredit mencapai di atas 80%. Pelayanan nasabah tersebar pada 18 Desa. Jumlah kelompok yang dilayani sebanyak 34 kelompok. Usaha kelompok bervariasi kebayakan adalah industri kecil dan perdagangan.

Pengurus UPK DAPM Kecamatan Air Periukan adalah:
  • Ketua : Drs. Subawe
  • Sekretaris : Softa Anggraeni
  • Bendahara : Ermalinda, SE
Sebagai Ketua BKAD Kecamatan Air Periukan adalah Azwardi.


Manfaat hadirnya UPK DAPM Kecamatan Air Periukan sangat dirasakan oleh masyarakat. Animo masyarakat untuk menjadi peminjam di UPK masih tinggi, kebersamaan membangun ekonomi sangat terasa. Ini adalah modal utama untuk menjadi lembaga keuangan yang mandiri.




0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan masukkan komentar anda

Blog Archive

Blogger Bengkulu

Warung Blogger

Posts Terbaru

Popular Posts

Follow by Email

Silahkan diikuti