Sabtu, 02 September 2017

19.33.00 No comments
TPS 3R di Kabupaten Kepahiang yang dibangun pada tahun 2016 berlokasi di Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Kecamatan Kepahiang merupakan Ibu kota Kabupaten Kepahiang. Luas wilayah kecamatan adalah 7.192 hektar atau sebesar 10,8% dari luas Kabupaten Kepahiang. Lokasi Kecamatan Kepahiang sangat strategis berada pada jalan lintas kepahiang – Bengkulu dikaki bukit barisan. Secara geografis Kecamatan Kepahiang berbatasan dengan:

Bersama pengurus KSM TPS 3R Kuto Aur
Desa Tebat Monok Kepahiang




·    Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Ujan Mas dan Kecamatan Kecamatan Kaba Wetan
·         Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Seberang Musi
·         Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Tebat Karai
·         Sebelah Barat berbatasan dengan Bukit Barisan (Kabupaten Bengkulu Tengah)


Jumlah desa di Kecamatan sebanyak 23 desa, sebanyak 7 desa berbentuk kelurahan dan 16 desa bebentuk desa. Desa Tebat Monok berbentuk Desa yang terbagi dalam 7 Dusun.
Pengangkutan sampah untuk dilakukan pemilahan

Kecamatan Kepahiang berada pada ketinggian 400 – 600 meter DPL, sedangkan Desa Tebat Monok berada pada ketinggian 537 m diatas permukaan laut. Jumlah curah hujan selama setahun sebesar 3.470 mm dengan curah hujan rata-rata 289 mm setiap bulan. Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Desember 2015 sebesar 597 mm dengan hari hujan sebanyak 26 hari. Rata-rata hari hujan setiap bulannya adalah 15,5 hari. Dengan besarnya hari hujan rata-rata dan besarnya curah hujan sangat berpengaruh pada proses pengakutan sampah dari sumber ke TPS, dan sampah yang tidak pada tempatnya akan hanyut ke saluran air.
 

Kelompok Swadaya Masyarakat  Tempat Pengelolaan Sampah (KSM TPS 3R) Kuto Aur Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang mulai berjalan dengan susunan kepengurusan sebagai berikut:
Ketua            : M Syarif Hidayatullah
Sekretaris      : Pathurrahman
Bendahara     : Omri
Pengangkut    : Devi Haryanto
Pemilah         : Surni dan Kurmila
Penjaga         : Edwin

Pencapaian kegiatan KSM TPS 3 R  sampai dengan bulan Juli 2017 adalah:

  • Jumlah nasabah/pelanggan rumah tangga sudah mencapai 80 KK yang terlayani dan sudah berkomitmen atau berkontribusi sebesar Rp.10.000 per bulan. Realisasi penarikan retribusi pada bulan ini sebesar Rp.660.000 masih mencapai 82,5%.
    Aktivitas Pemilahan Sampah
  • Efektif kegiatan pengangkutan sampah pada bulan ini hanya 3 minggu, dimulai pada tanggal 11 Juli 2017 sehingga penarikan yang dilakuakn sebanyak 13 trip masih dibawah target bulan seblumnya sebanyak 16 trip.
  • Kendaraan pengangkut bantuan baik personal maupun kendaraanya dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepahiang sementara dihentikan karena pengangkutnya (Holidi) tidak memberikan data KK yang dilayaninya, sehingga menimbulkan masalah pada saat penagihan retribusi.
  • Perbaikan dalam proses pengelolaan sampah organik sudah dilakukan, lebih cepat, dan lebih efisien, yaitu pencacahan secara manual karena sampah organic rumah tangga cenderung lebih lunak  dan pengkomosan dengan membuat lapisan sekam, kompos yang sudah jadi, dan bahan organic, kompos dan sekam, selanjutnya ditutup dengan kardus pada lapisan atas seharusnya dengan karung goni. Perlakuan pengadukan setiap 3 atau 4 hari. Maanfaatnya sampah langsung dapat cepat terolah tidak terjadi penumpukan yang mengakibatkan banyaknya lalat.
    Diskusi Pendamping dengan pengurus dan karyawan
  • Sampai dengan akhir bulan sudah terisi 4 bak kompsting diperkirakan sekitar 3 m3 sampah organik, sedangkan untuk sampah plastik kemasan seperti botol diperoleh sebanyak 2 karung (belum dilakukan penimbangan) dan plastic (kresek juga belum dilakukan pengukuran). Sedangkan untuk residu diperkirakan sekitar 2 m3 yang diangkut ke container milik dinas lingkungan hidup untk dibawa ke TPA.






Baca Juga:

 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan masukkan komentar anda

Blog Archive

Blogger Bengkulu

Warung Blogger

Posts Terbaru

Popular Posts

Follow by Email

Silahkan diikuti