Friday, December 1, 2017

8:41:00 AM No comments
Internet sangat banyak manfaatnya untuk kebaikan. Berbagai informasi dan data dapat diakses dengan cepat. Saat ini orang dapat berkomunikasi dengan cepat karena adanya internet dengan tidak dibatasi oleh wilayah negara atau pulau.
Tips Berinternet Aman agar terhindar bahaya buruk internet

Tapi sisi lain, kecanggihan internet juga dapat dimanfaatkan untuk  kejahatan yang dampaknya juga luar biasa. Oleh karena itu kita perlu hati-hati dan waspada dalam menggunakan teknologi internet. Anggaplah diri kita ini sedang berjalan di belantara atau kota yang tidak kita kenal sehingga setiap langkah yang kita lakukan harus penuh kewaspadaan.

Berikut ini beberapa tips agar terhindar dari dampak buruk internet, antara lain:

  1. Jagalah data penting anda, seperti User Id dan password, jangan sampai dicuri oleh orang lain. Setiap login ke akun anda di suatu situs tertentu jangan lupa logout sebelum meninggalkan komputer yang digunakan.
  2. Jangan menampilkan data-data penting di jejaring sosial, seperti tanggal lahir, alamat rumah, alamat sekolah, nomor hand phone, nomor telepon rumah, nama ibu kandung, jadwal kegiatan dan hobi pada kegiatan ekstrim. Semua informasi ini dapat dimanfaatkan orang lain untuk kepentingan kejahatan yang mengakibatkan petaka bagi anda.
  3. Hindarilah situs-situs perjudian dan pornografi di internet. Jika itu muncul dengan tidak sengaja maka cepat anda tutup browser. Karena sering pada situs itu terdapat virus atau spam yang dapat merekam atau mencuri data di perangkat yang kita gunakan.
  4. Jangan mudah percaya jika ditawarkan sesuatu yang menarik dan dapat diperoleh dengan mudah. Para penipu sering mengimingi sesuatu yang besar tetapi ada maksud tersembunyi. Bentuk penipuan dapat berupa hadiah undian, pulsa, barang antik dan lain sebagainya. Konfirmasilah dengan perusahan resminya atau melalaui website resmi perusahaan.
  5. Berhati-hatilah dengan orang yang dikenal di dunia maya. Bagaimanapun mereka tetap orang asing yang jangan dipercaya dengan mudah.
  6. Berhati-hatilah memasukkan email ke halaman web tertentu. Apalagi email anda digunakan sebagai akun hand phone android anda. Karena alamat email dapat digunakan sebagai sasaran spam. Sebaiknya anda memiliki email lebih dari satu dan kegiatan yang bersifat hiburan atau beresiko jangan menggunakan email penting.
  7. Gunakan email yang menggunakan penangkal spam. Saat ini banyak orang yang menggunakan gmail atau yahoo cukup aman.
  8. Pada perangkat anda sebaiknya juga diinstall aplikasi anti virus yang mendukung penangkal spam. Saya menggunakan antivirus AVG cukup mumpuni untuk mengatasi web yang menggunakan aplikasi spam.

Ada beberapa trik pelaku kejahatan dunia maya dalam mencuri data kita yaitu dengan snonping,spoofing, email spoofing, phishing, dan pharming.   Dengan hati-hati kita dapat menghindari trik jahat para pelaku kejahatan dunia maya.




0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan masukkan komentar anda

Blog Archive

Blogger Bengkulu

Warung Blogger

Posts Terbaru

Popular Posts

Follow by Email